MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN MATERI PADA SK DAN KD (Tahun 2012)
Satuan
Pendidikan : SDLB – B
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : 1/ semester 2
Alokasi
Waktu : 2x35 menit
1.
Permasalahan
Anak tunarungu adalah anak dengan
keterbatasana mendengar dan berbicara sehingga memanfaatkan visualnya untuk
menangkap informasi.dengan langsung memperlihatkan bagian bagian tubuh dengan
kartu kata dan miniatur tubuh manusi sebagai media konkrit maka anak akan lebih
mudah memahami.
2.
Kompetensi
Dasar
Mengenal nama warna,
nama dan fungsi anggota tubuh dan benda-benda disekitarnya.
3.
Sub
Pokok Materi
Mengenal anggota tubuh
kepala dan fungsinya
4.
Indikator
A.
Kognitif
a)
Proses
(study skills, learning strategis)
·
Menirukan nama anggota
tubuh
·
Menyebutkan nama anggota
tubuh
·
Menunjuk anggota tubuh
sendiri
b)
Konten
·
Menuliskan nama anggota
tubuh
B.
Psikomotor
a) Menjodohkan
nama anggota tubuh dengan gambar
C. Afektif
Perilaku
Berkarakter
·
Gigih
·
Terus mencoba
·
Melakukan yang terbaik
·
Bertanggung jawab
Keterampilan
Sosial
·
Bertanya
·
Menjawab pertanyaan
·
Bekerja sama
5.
Tujuan
Pembelajaran
A.
Kognitif
a.
Proses
(Study skills, Learning strategies)
1.
Dengan melihat gerak bibir guru dan Kartu Karta, siswa dapat
menirukan membaca nama anggota tubuh
2.
Dengan melihat kartu kata,
siswa dapat menyebutkan 6 nama anggota tubuh
3.
Dengan melihat kartu
kata dan miniatur, siswa dapat menunjuk 6 anggota tubuh sendiri dan menyebutkan
namanya
b.
Produk (Konten)
1.
Melalui
kegiatan melihat tulisan, gambar pada kartu kata dan bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan
nama anggota tubuh
2.
Melalui
kegiatan melihat tulisan, gambar pada kartu kata
dan bimbingan guru, siswa dapat menyalin tulisan nama anggota tubuh pada lembar
kerja
3.
Melalui kegiatan
melihat miniatur anggota tubuh, membaca tulisan dan bimbingan guru siswa dapat
menunjuk nama anggota tubuh sendiri
B.
Psikomotor
1.
Melalui
kegiatan melihat tulisan dan gambar di kartu kata, siswa dapat menjodohkan tulisan dan
anggota tubuh pada gambar
C.
Afektif
1. Perilaku
Berkarakter
Siswa terus mencoba untuk melaksanakan instruksi yang
diberikan guru, percaya diri dan bersedia tampil ke depan kelas untuk mencoba
melaksanakan instruksi, dan bersikap baik ketika menunggu giliran menggunakan
kartu kata dan miniatur anggota tubuh.
2. Keterampilan Sosial
Terlibat
dalam proses belajar mengajar dengan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan
guru, dan bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan permasalahan.
6.
Metode
Pembelajaran
-
Metode ceramah, yaitu dengan
cara memberikan penjelasan terhadap anak tentang anggota tubuh manusia
-
Metode demonstrasi, yaitu
dengan cara memberikan contoh secra langsung kepada anak, baik yang abstrak
maupun konkrit melaluin kartu kata, miniatur dan modeling agar anak dapat mudah
mengerti materi yang di ajarkan.
-
Metode Tanya jawab plus
demonstrasi, yaitu dengan cara guru bertanya dan anak menjawab baik secara
lisan maupun praktek menunjuk anggota tubuh sendiri
-
Metode Modeling, yaitu dengan
guru menunjuk anggota tubuh sendiri dan menunjuk salah satu siswa sebagai model
untuk menunjukkan bentuk konkrit dari
materi yang diajarkan
7.
Media
Pembelajaran
- Media
yang digunakan
adala Kartu kata / Flashcard. yang terdiri dari gambar beserta nama
masing masing anggota tubuh. disajikan dengan huruf tegak bersambung
untuk menunjukkan kesatuan makna pada anak tunarungu.
-
replika bentuk anggota tubuh. berupa patung manusia secara keseluruhan
dan atau miniatur anggota tubuh manusia. Benda harus disajikan dan
ditunjukkan secara keseluruhan terlebih dahulu baru menunjuk pada
spesifikasi masing masing.
8.
Materi
Nama
anggota tubuh : Lidah, telinga, hidung, bibir, kepala, mata
Fungsi
anggota tubuh :
-
Mata untuk melihat
-
Lidah untuk merasakan
rasa makanan dan membantu berbicara
-
Telinga untuk mendengar
-
Hidung untuk mencium
bau
-
Bibir untuk berbicara
9.
Alat
dan Bahan yang digunakan
Papan
tulis, Gunting, Kertas, miniatur tubuh manusia.
10.
Proses
Pembelajaran
a.
Guru menjelaskan tentang nama-nama anggota tubbuh manusia dengan alat peraga yaitu kartu kata bergambar dan menunjuk
bagian anggota tubuh yang disebut pada miniatur anggota tubuh
b.
Guru menjelaskan nama nama
anggota tubuh dengan flashcard dan menunjuk langsung pada anggota tubuh guru
sebagai bentuk konkrit
c.
Guru mengajak siswa bersama-sama
mengeja nama-nama anggota
tubuh pada flashcard dengan lisan dan isyarat.
d.
Guru menjelaskan masing masing
fuingsi dari anggota tubuh pada flashcard
e.
Guru mengajak siswa bersama sama
mengeja nama nama anggota tubuh sendiri dengan lisan dan isyarat
f.
Guru mengajak siswa bersama sama
mengeja nama anggota tubuh dan fungsinya
g.
Guru menunjuk sebuah gambar warna yang ada pada alat peraga dan meminta siswa untuk
menyebutkan nama anggota tubuh tersebut.
(Fase 2)
h.
Guru membimbing siswa untuk
menyebutkan nama anggota tubuh
dengan benar.
i.
Guru memberikan reward berupa
gambar bintang pada papan reward siswa apabila siswa dapat menyebutkan nama anggota tubuh dengan benar.
j.
Guru meminta dan membimbing siswa
untuk maju ke depan kelas menunjukkan gambar anggota
tubuh yang sesuai dengan yang diinstruksikan
guru, kemudian menunjuk anggota tubuh pada miniatur.
k.
Guru memberikan reward berupa
gambar bintang pada siswa apabila siswa dapat menunjukkan gambar anggota tubuh yang sesuai dengan yang
disebutkan guru dengan benar.
l.
Guru meminta siswa menjodohkan gambar
anggota tubuh dengan namanya dengan menempel di papan tulis.
m.
Guru meminta siswa menjodohkan
gambar anggota tubuh dengan fungsinya pada LKS
n.
Guru meminta siswa menuliskan
fungsi anggota tubuh yang ditunjuk pada LKS
o.
Guru meminta siswa maju ke depan
dan menunjuk anggota tubuh sendiri serta menyebutkan nama dan fungsinya.
0 Comment:
Posting Komentar