11/04/13

Media Pembelajaran Berdasarkan SK/KD

MENENTUKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN MATERI PADA SK DAN KD (Tahun 2012)


Satuan Pendidikan    : SDLB – B
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas / Semester        : 1/ semester 2
Alokasi Waktu           : 2x35 menit

1.      Permasalahan
            Anak tunarungu adalah anak dengan keterbatasana mendengar dan berbicara sehingga memanfaatkan visualnya untuk menangkap informasi.dengan langsung memperlihatkan bagian bagian tubuh dengan kartu kata dan miniatur tubuh manusi sebagai media konkrit maka anak akan lebih mudah memahami.
2.      Kompetensi Dasar
Mengenal nama warna, nama dan fungsi anggota tubuh dan benda-benda disekitarnya.
3.      Sub Pokok Materi
Mengenal anggota tubuh kepala dan fungsinya
4.      Indikator
A.    Kognitif
a)      Proses (study skills, learning strategis)
·         Menirukan nama anggota tubuh
·         Menyebutkan nama anggota tubuh
·         Menunjuk anggota tubuh sendiri
b)     Konten
·         Menuliskan nama anggota tubuh
B.     Psikomotor
a)      Menjodohkan nama anggota tubuh dengan gambar
C.     Afektif
*      Perilaku Berkarakter
·         Gigih
·          Terus mencoba
·         Melakukan yang terbaik
·         Bertanggung jawab
*      Keterampilan Sosial
·         Bertanya
·         Menjawab pertanyaan
·         Bekerja sama


5.      Tujuan Pembelajaran
A.          Kognitif
a.      Proses (Study skills, Learning strategies)
1.         Dengan melihat gerak bibir guru dan Kartu Karta, siswa dapat menirukan membaca  nama anggota tubuh
2.         Dengan melihat  kartu kata, siswa dapat menyebutkan 6 nama anggota tubuh
3.         Dengan melihat kartu kata dan miniatur, siswa dapat menunjuk 6 anggota tubuh sendiri dan menyebutkan namanya
b.      Produk (Konten)
1.        Melalui kegiatan melihat tulisan, gambar pada kartu kata dan bimbingan guru, siswa dapat menyebutkan nama anggota tubuh
2.        Melalui kegiatan melihat tulisan, gambar pada kartu kata dan bimbingan guru, siswa dapat menyalin tulisan nama anggota tubuh pada lembar kerja
3.        Melalui kegiatan melihat miniatur anggota tubuh, membaca tulisan dan bimbingan guru siswa dapat menunjuk nama anggota tubuh sendiri
B.           Psikomotor  
1.      Melalui kegiatan melihat tulisan dan gambar di kartu kata, siswa dapat menjodohkan tulisan dan anggota tubuh pada gambar
C.          Afektif
1.      Perilaku Berkarakter
        Siswa terus mencoba untuk melaksanakan instruksi yang diberikan guru, percaya diri dan bersedia tampil ke depan kelas untuk mencoba melaksanakan instruksi, dan bersikap baik ketika menunggu giliran menggunakan kartu kata dan miniatur anggota tubuh.
2.      Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar dengan aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru, dan bekerjasama dengan teman dalam menyelesaikan permasalahan.
6.      Metode Pembelajaran
-          Metode ceramah, yaitu dengan cara memberikan penjelasan terhadap anak tentang anggota tubuh manusia
-          Metode demonstrasi, yaitu dengan cara memberikan contoh secra langsung kepada anak, baik yang abstrak maupun konkrit melaluin kartu kata, miniatur dan modeling agar anak dapat mudah mengerti materi yang di ajarkan.
-          Metode Tanya jawab plus demonstrasi, yaitu dengan cara guru bertanya dan anak menjawab baik secara lisan maupun praktek menunjuk anggota tubuh sendiri
-          Metode Modeling, yaitu dengan guru menunjuk anggota tubuh sendiri dan menunjuk salah satu siswa sebagai model  untuk menunjukkan bentuk konkrit dari materi yang diajarkan
7.      Media Pembelajaran
Media yang digunakan adala Kartu kata / Flashcard. yang terdiri dari gambar beserta nama masing masing anggota tubuh. disajikan dengan huruf tegak bersambung untuk menunjukkan kesatuan makna pada anak tunarungu.
- replika bentuk anggota tubuh. berupa patung manusia secara keseluruhan dan atau miniatur anggota tubuh manusia. Benda harus disajikan dan ditunjukkan secara keseluruhan terlebih dahulu baru menunjuk pada spesifikasi masing masing.

 8.      Materi
Nama anggota tubuh : Lidah, telinga, hidung, bibir, kepala, mata
Fungsi anggota tubuh :
-          Mata untuk melihat
-          Lidah untuk merasakan rasa makanan dan membantu berbicara
-          Telinga untuk mendengar
-          Hidung untuk mencium bau
-          Bibir untuk berbicara
9.      Alat dan Bahan yang digunakan
Papan tulis, Gunting, Kertas, miniatur tubuh manusia.
10.  Proses Pembelajaran
a.       Guru menjelaskan tentang nama-nama anggota tubbuh manusia dengan alat peraga yaitu kartu kata bergambar dan menunjuk bagian anggota tubuh yang disebut pada miniatur anggota tubuh
b.      Guru menjelaskan nama nama anggota tubuh dengan flashcard dan menunjuk langsung pada anggota tubuh guru sebagai bentuk konkrit
c.       Guru mengajak siswa bersama-sama mengeja nama-nama  anggota tubuh pada flashcard dengan lisan dan isyarat.
d.      Guru menjelaskan masing masing fuingsi dari anggota tubuh pada flashcard
e.       Guru mengajak siswa bersama sama mengeja nama nama anggota tubuh sendiri dengan lisan dan isyarat
f.       Guru mengajak siswa bersama sama mengeja nama anggota tubuh dan fungsinya
g.      Guru menunjuk sebuah gambar warna yang ada pada alat peraga dan meminta siswa untuk menyebutkan nama anggota tubuh tersebut. (Fase 2)
h.      Guru membimbing siswa untuk menyebutkan nama anggota tubuh dengan benar.
i.        Guru memberikan reward berupa gambar bintang pada papan reward siswa apabila siswa dapat menyebutkan nama anggota tubuh dengan benar.
j.        Guru meminta dan membimbing siswa untuk maju ke depan kelas menunjukkan gambar anggota tubuh yang sesuai dengan yang diinstruksikan guru, kemudian menunjuk anggota tubuh pada miniatur.
k.      Guru memberikan reward berupa gambar bintang pada siswa apabila siswa dapat menunjukkan gambar anggota tubuh yang sesuai dengan yang disebutkan guru dengan benar.
l.        Guru meminta siswa menjodohkan gambar anggota tubuh dengan namanya dengan menempel di papan tulis.
m.    Guru meminta siswa menjodohkan gambar anggota tubuh dengan fungsinya pada LKS
n.      Guru meminta siswa menuliskan fungsi anggota tubuh yang ditunjuk pada LKS
o.      Guru meminta siswa maju ke depan dan menunjuk anggota tubuh sendiri serta menyebutkan nama dan fungsinya.

0 Comment:

Posting Komentar