12/05/13

RPP PSB kelas VI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA

Nama Sekolah                   : SLB-B
Mata Pelajaran                 : Pendidikan Seni Budaya
Kelas/Semester                  : VI/I
Alokasi Waktu                  : 1x Pertemuan (2x35 menit)
 

I.         Standar Kompetensi
Seni Rupa
1.      Memahami berbagai gagasan dalam objek, dan tema karya seni rupa Nusantara dan mancanegara
II.      Kompetensi Dasar
1.2   Menjelaskan benda kerajinan sederhana dengan teknik jahit
III.   Indikator
Kognitif
·         Proses (Study skills, Learning strategies )
1.    Mengidentifikasi  macam  macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
2.    Mengidentifikasi cara membuat minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
·         Produk (konten)
1.    Menyebutkan minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
2.    Menjelaskan minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
3.    Menjelaskan cara membuat minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
4.    Menerapkan cara membuat minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flannel)
Psikomotor
1.    Menulis minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik menjahit
2.    Menuliskan cara membuat minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik menjahit (kerajinan flanel)
3.    Menerapkan cara membuat minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flannel)

Afektif
·         Perilaku Berkarakter
1.    Bersungguh sungguh
2.    Jujur
3.    Tanggungjawab
·         Keterampilan Sosial
                 1. Kebiasaan menjadi pemerhati yang baik.
                 2. Berpendapat
                 3. Bertanya
                 4. Menjawab pertanyaan

IV.   Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
·         Proses (Study skills, Learning strategies )
1.      Melalui video tutorial cara membuat kerajinan flannel yang ditunjukkan guru, siswa dapat mengidentifikasi  cara membuat minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
2.      Dengan penjelasan guru, siswa dapat Menyebutkan minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
·          Produk (konten)
1.      Secara mandiri, siswa dapat meyebutkan minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat merancang pembuatan 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
3.      Dengan bantuan guru, siswa dapat membuat minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
Psikomotor
1.      Secara mandiri, Menulis minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik menjahit
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menuliskan 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
3.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat merancang 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
4.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membuat 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
Afektif
·         Perilaku Berkarakter
1.         Bersungguh sungguh
2.         Jujur
3.         Tanggungjawab
·         Keterampilan Sosial
                 1. Pemerhati yang baik.
                 2. Berpendapat
                 3. Bertanya
                 4. Menjawab pertanyaan
V.       Materi Pembelajaran
 benda kerajinan sederhana dengan teknik jahit
VI.   Model dan Metode Pembelajaran
1.    Model Pembelajaran
Langsung
2.    Metode Pembelajaran
a.    Ceramah
b.    Tanya jawab
c.    Pemberian tugas
VII. Media pembelajaran
1.      Video tutorial cara membuat kerajinan flannel
2.      Kartu gambar contoh kerajinan sederhana dari
3.      Kertas flanel
4.      Alat menjahit tangan (Gunting, jarum, benang, pensil dan penggaris)

VIII.       Langkah-langkah Pembelajaran
      A.  Kegiatan awal ( 5 menit )
1.         Guru mengucapkan salam
2.         Do’a bersama
3.         Guru mengisi daftar hadir siswa
4.         Memberi siswa pertanyaan tentang materi sebelumnya
5.         Apersepsi
6.         Memberi siswa motivasi belajar
    B.    Kegiatan inti ( 55 menit )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1.        Menjelaskan tentang beberapa kerajinan sederhana dengan teknik jahit dengan media kartu bergambar, dengan harapan siswa mendengarkan materi dengan sungguh-sungguh
2.        Menampilkan video tutorial cara membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit di depan kelas agar siswa bisa menjadi pemerhati yang baik
3.        Menjelaskan dan mempraktikkan tentang cara membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit di depan kelas agar siswa  bisa menjadi pemerhati yang baik
4.        Membimbing siswa merancang dalam pembuatan kerajinan flannel dengan teknik jahit agar siswa mengerjakan dengan sungguh sungguh dan tanggung jawab
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1      Memberi kesempatan siswa untuk berpikir, menganalisis dan berpendapat
2      Meminta satu persatu siswa untuk menjawab pertanyaan guru secara lisan untuk melihat tingkat pemahaman siswa.
3      Membimbing siswa dalam membuat rancanangan dalam membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit
4      Memfasilitasi siswa dalm mempraktikkan membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit yang dikerjakan secara mandiri, penuh tanggungjawab  dan jujur.
5      Menunjuk beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan hasil karya siswa
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.    Meluruskan jawaban yang disampaikan siswa
2.    Memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami

C.  Kegiatan Penutup ( 10 menit )
       Dalam kegiatan penutup, guru:
1.    Membuat kesimpulan dari  materi yang disampaikan.
2.    Mengajak siswa do’a bersama
3.    Mengucapkan salam  penutup

IX.   SUMBER BELAJAR
a.         Buku Pendidikan Seni Budaya Kelas VI (BSE)
b.        Buku sumber  belajar lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar

X.      PENILAIAN 
       Bentuk tes
1.    Tes Perbuatan
2.    Lisan     

XI.     Lampiran-lampiran
1.        Materi
2.        Tabel spesifikasi penilaian
3.        Lembar penilaian proses
4.        Lembar penilaian psikomotor
5.        Lembar pengamatan perilaku bekarakter
6.        Lembar pengamatan ketrampilan social






              Surabaya,       Maret  201*



Praktikan




Recha Try Wahyu N
NIM. 101044049





Lampiran II

Tabel Spesifikasi Penilaian Proses

Tujuan pembelajaran
Spesifikasi
Point
1.      Secara mandiri, siswa dapat meyebutkan minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit

-          Menyebutkan benar 1
-          Menyebutkan benar 2
-          Menyebutkan benar 3
1
2
3
2.      Secara mandiri, siswa dapat menjelaskan  minimal 3 macam kerajinan dengan teknik jahit

-          Menyebutkan benar 1
-          Menyebutkan benar 2
-          Menyebutkan benar 3
2
3
4
3.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membuat rancangan kerajinan flannel dengan teknik jahit

-          Memperoleh ide
-          Membuat pola
-          Memperoleh ide dan membuat pola
3
4
6

4.      Dengan bimbingan  guru, siswa dapat membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit
-          Tidak membuat kerajinan
-          Membuat kerajinan setengah jadi
-          Membuat kerajinan hampir jadi
-          Menyelesaikan kerajinan
0
4
6
9
Jumlah Skor Maksimal
12

Jumlah skor  yang diperoleh
NA  =                                                  x 100
            Jumlah skor maksimal  (11)




                                                                                                                                                                

Lampiran III
LEMBAR PENILAIAN PROSES
(TES LISAN)

No
Nama
Indikator
Nilai rata-rata
Ket
Keaktifan
Keberanian
Ketepatan
1















2















3















4

















Lampiran IV

Lembar Penilaian Psikomotor
(Tes Perbuatan)
Kriteria : Bagaimana prosedur membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit

No
Aspek Yang Dinilai
Penilaian
1. ……
2……..





B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1.
Keberanian maju kedepan kelas










































2.
Ketepatan  menjelakan tahapan pertumbuhan manusia





















Keterangan :
B          : Baik (dapat melakukan dengan baik tanpa bantuan)
C          : Cukup (dapat melakukan denganbaik dengan bantuan)
K         : Kurang (tidak dapat melakukan kegiatan)

Sidoarjo,........................ 2013


pengamat


Lampiran VII

LEMBAR PENGAMATAN
PERILAKU BERKARAKTER

Untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini dengan cara member tanda ceklist
No
Aspek Yang Dinilai
Penilaian








A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
A
B
C
1.
kesungguhan dalam proses pembelajaran
























2.
Bertanggung jawab terhadap tugas
























3.
Jujur
























4
Peduli

























Keterangan :
A : sangat baik
B : memuaskan
C : menunjukkan kemajuan

Sidoarjo,........................ 2013


pengamat



Lampiran VIII

LEMBAR PENGAMATAN IV KETERAMPILAN SOSIAL

Untuk setiap perilaku berkarakter ini. Beri penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini dengan cara member tanda ceklist
No
Aspek Yang Dinilai
Penilaian









B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
B
C
K
1.
Pemerhati yang baik.




























2.
Berpendapat




























3.
Bertanya



























4
Menjawab pertanyaan




























Keterangan :
B : Baik
C : Cukup
K:  Kurang


Sidoarjo,........................ 2013


pengamat

0 Comment:

Posting Komentar