RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARA
Nama Sekolah :
SLB-B
Mata Pelajaran :
Pendidikan Seni Budaya
Kelas/Semester :
VI/I
Alokasi Waktu :
1x Pertemuan (2x35 menit)
I.
Standar Kompetensi
Seni Rupa
1.
Memahami berbagai gagasan dalam
objek, dan tema karya seni rupa Nusantara dan mancanegara
II. Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan benda kerajinan sederhana dengan
teknik jahit
III. Indikator
Kognitif
·
Proses (Study skills, Learning strategies )
1. Mengidentifikasi macam macam
kerajinan sederhana dengan teknik jahit
2. Mengidentifikasi cara membuat minimal 1 macam
kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
·
Produk (konten)
1. Menyebutkan minimal 3 macam kerajinan
sederhana dengan teknik jahit
2. Menjelaskan minimal 3 macam kerajinan
sederhana dengan teknik jahit
3. Menjelaskan cara membuat minimal 1 macam
kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
4. Menerapkan cara membuat minimal 1 macam
kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flannel)
Psikomotor
1. Menulis minimal 3 macam kerajinan sederhana
dengan teknik menjahit
2. Menuliskan cara membuat minimal 1 macam
kerajinan sederhana dengan teknik menjahit (kerajinan flanel)
3. Menerapkan cara membuat minimal 1 macam
kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flannel)
Afektif
·
Perilaku Berkarakter
1.
Bersungguh
sungguh
2.
Jujur
3.
Tanggungjawab
·
Keterampilan Sosial
1. Kebiasaan menjadi pemerhati yang baik.
2. Berpendapat
3. Bertanya
4. Menjawab pertanyaan
IV.
Tujuan Pembelajaran :
Kognitif
·
Proses (Study skills, Learning strategies )
1. Melalui video tutorial cara membuat kerajinan
flannel yang ditunjukkan guru, siswa dapat mengidentifikasi cara membuat minimal 1 macam kerajinan
sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
2. Dengan penjelasan guru, siswa dapat Menyebutkan
minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
·
Produk (konten)
1. Secara mandiri, siswa dapat meyebutkan minimal
3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat merancang pembuatan
1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
3. Dengan bantuan guru, siswa dapat membuat
minimal 1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
Psikomotor
1. Secara mandiri, Menulis minimal 3 macam
kerajinan sederhana dengan teknik menjahit
2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menuliskan
3 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit
3. Dengan bimbingan guru, siswa dapat merancang
1 macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
4. Dengan bimbingan guru, siswa dapat membuat 1
macam kerajinan sederhana dengan teknik jahit (kerajinan flanel)
Afektif
·
Perilaku Berkarakter
1.
Bersungguh
sungguh
2.
Jujur
3.
Tanggungjawab
·
Keterampilan Sosial
1. Pemerhati yang baik.
2. Berpendapat
3. Bertanya
4. Menjawab pertanyaan
V. Materi
Pembelajaran
benda kerajinan
sederhana dengan teknik jahit
VI. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran
Langsung
2. Metode
Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Tanya
jawab
c.
Pemberian
tugas
VII.
Media pembelajaran
1. Video tutorial cara membuat kerajinan flannel
2. Kartu gambar contoh kerajinan sederhana dari
3. Kertas flanel
4. Alat menjahit tangan (Gunting, jarum, benang,
pensil dan penggaris)
VIII. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan awal ( 5
menit )
1.
Guru mengucapkan salam
2.
Do’a bersama
3.
Guru mengisi daftar hadir siswa
4.
Memberi siswa pertanyaan tentang materi sebelumnya
5.
Apersepsi
6.
Memberi siswa motivasi belajar
B. Kegiatan inti ( 55 menit )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
1.
Menjelaskan
tentang beberapa kerajinan sederhana dengan teknik jahit dengan media kartu
bergambar, dengan harapan siswa mendengarkan materi dengan sungguh-sungguh
2.
Menampilkan
video tutorial cara membuat kerajinan flannel
dengan teknik jahit di
depan kelas agar siswa bisa menjadi pemerhati
yang baik
3.
Menjelaskan
dan mempraktikkan tentang cara membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit di
depan kelas agar siswa bisa menjadi pemerhati yang baik
4.
Membimbing
siswa merancang dalam pembuatan kerajinan flannel dengan teknik jahit agar
siswa mengerjakan dengan sungguh sungguh
dan tanggung jawab
§ Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
1
Memberi kesempatan siswa untuk berpikir, menganalisis dan berpendapat
2
Meminta
satu persatu siswa untuk menjawab
pertanyaan guru secara lisan untuk melihat tingkat pemahaman siswa.
3
Membimbing siswa dalam membuat rancanangan dalam membuat
kerajinan flannel dengan teknik jahit
4
Memfasilitasi
siswa dalm mempraktikkan membuat kerajinan flannel dengan teknik jahit yang dikerjakan
secara mandiri, penuh tanggungjawab dan jujur.
5
Menunjuk
beberapa siswa maju ke depan kelas untuk menjelaskan hasil karya siswa
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
1.
Meluruskan
jawaban
yang disampaikan siswa
2.
Memberi kesempatan
pada siswa untuk menanyakan hal-hal
yang belum dipahami
C. Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
Dalam
kegiatan penutup, guru:
1.
Membuat kesimpulan dari materi yang
disampaikan.
2.
Mengajak siswa do’a bersama
3.
Mengucapkan salam penutup
IX. SUMBER
BELAJAR
a.
Buku
Pendidikan Seni Budaya Kelas VI (BSE)
b.
Buku
sumber belajar lain yang dapat menunjang
proses belajar mengajar
X. PENILAIAN
Bentuk
tes
1.
Tes
Perbuatan
2.
Lisan
XI. Lampiran-lampiran
1.
Materi
2.
Tabel
spesifikasi penilaian
3.
Lembar
penilaian proses
4.
Lembar
penilaian psikomotor
5.
Lembar
pengamatan perilaku bekarakter
6.
Lembar
pengamatan ketrampilan social
|
Surabaya, Maret
201*
|
|
|
|
Praktikan
|
|
Recha Try Wahyu N
NIM. 101044049
|
|
|
Lampiran II
Tabel Spesifikasi Penilaian
Proses
Tujuan pembelajaran
|
Spesifikasi
|
Point
|
1.
Secara
mandiri, siswa dapat meyebutkan minimal 3 macam kerajinan sederhana dengan
teknik jahit
|
-
Menyebutkan benar
1
-
Menyebutkan benar
2
-
Menyebutkan benar
3
|
1
2
3
|
2.
Secara
mandiri, siswa dapat menjelaskan
minimal 3 macam kerajinan dengan teknik jahit
|
-
Menyebutkan benar
1
-
Menyebutkan benar
2
-
Menyebutkan benar
3
|
2
3
4
|
3.
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat membuat rancangan kerajinan flannel dengan teknik
jahit
|
-
Memperoleh ide
-
Membuat pola
-
Memperoleh ide
dan membuat pola
|
3
4
6
|
4.
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat membuat
kerajinan flannel dengan teknik jahit
|
-
Tidak membuat
kerajinan
-
Membuat kerajinan
setengah jadi
-
Membuat kerajinan
hampir jadi
-
Menyelesaikan
kerajinan
|
0
4
6
9
|
Jumlah
Skor Maksimal
|
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
NA = x
100
Jumlah skor maksimal
(11)
|
Lampiran III
LEMBAR PENILAIAN
PROSES
(TES LISAN)
No
|
Nama
|
Indikator
|
Nilai rata-rata
|
Ket
|
|||||||||||
Keaktifan
|
Keberanian
|
Ketepatan
|
|||||||||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran IV
Lembar
Penilaian Psikomotor
(Tes
Perbuatan)
Kriteria : Bagaimana prosedur membuat kerajinan flannel
dengan teknik jahit
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Penilaian
|
||||||||||||||||||||
1. ……
|
2……..
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||
1.
|
Keberanian maju kedepan kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
Ketepatan
menjelakan tahapan pertumbuhan manusia
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
B : Baik (dapat melakukan dengan baik tanpa bantuan)
C : Cukup (dapat melakukan denganbaik dengan bantuan)
K : Kurang (tidak dapat melakukan kegiatan)
Sidoarjo,........................ 2013
pengamat
Lampiran VII
LEMBAR
PENGAMATAN
PERILAKU
BERKARAKTER
Untuk setiap perilaku berkarakter ini, beri
penilaian atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini dengan
cara member tanda ceklist
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Penilaian
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
||
1.
|
kesungguhan dalam proses pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Bertanggung jawab terhadap tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Peduli
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
A : sangat baik
B : memuaskan
C : menunjukkan kemajuan
Sidoarjo,........................ 2013
pengamat
Lampiran VIII
LEMBAR PENGAMATAN IV KETERAMPILAN SOSIAL
Untuk setiap perilaku berkarakter ini. Beri penilaian
atas perilaku berkarakter siswa menggunakan skala berikut ini dengan cara
member tanda ceklist
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Penilaian
|
||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
B
|
C
|
K
|
||
1.
|
Pemerhati yang
baik.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Berpendapat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Bertanya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
B
: Baik
C
: Cukup
K: Kurang
Sidoarjo,........................ 2013
pengamat
0 Comment:
Posting Komentar